Persyaratan Mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Terbaru 2020

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau STIP di tahun ini kembali membuka pendaftaran yang di peruntukan bagi siswa dan siswa SMA sederajat untuk dapat menimba ilmu di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau STIP tersebut. Tentunya, untuk dapat diterima di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau STIP membutuhkan rentetan seleksi yang harus kamu jalani.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai semua hal yang berkaitan dengan pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau STIP. Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus kamu penuhi jika ingin mendaftar dan diterima di lembaga Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau STIP.

Sekilas Tentang Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Sebelum membahas mengenai apa saja yang menjadi syarat dan kriteria untuk dapat mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, terlebih dahulu alangkah baiknya kita mengenal apa itu Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau yang biasa disingkat menjadi STIP merupakan salah satu sekolah kedinasan yang ada di negara Indonesia yang berada di bawah badan diklat perhubungan, dari kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Salah satu Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran tersebut berada di kota Jakarta. Lebih tepatnya berada di Jakarta Utara di kawasan Marunda Makmur yang ada di Cilincing. STIP Jakarta pertama kali berdiri pada tahun 1953. Kemudian sekolah kedinasan ini diresmikan pada tahun 1957.

Bisa dibilang STIP Jakarta merupakan sekolah pelayaran pertama yang ada di Indonesia. Sebelum memiliki nama STIP, dahulu sekolah kedinasan pelayaran ini bernama Akademi Ilmu Pelayaran  atau AIP Jakarta. Ketika di masa awal-awal berdiri, sekolah ini hanya memiliki jurusan keahlian di Program D3 Nautika dan Teknika. Kemudian ada tambahan dua prodi lagi di sekolah pelayaran ini yang antara lain adalah Elektronika dan Telekomunikasi dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK).

Persyaratan Mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Terbaru 2020

  1. Peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran merupakan warga negara Indonesia.
  2. Peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran memiliki email yang masih aktif.
  3. Batas usia pendaftar di sekolah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran adalah minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun. Khusus untuk D3 LLU batas usia pendaftarnya adalah minimal 18 tahun. Dan khusus untuk D4 LLU batas usia yang diperkenankan untuk mendaftar adalah minimal 17 tahun.
  4. Untuk pendaftar laki-laki di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran harus memiliki tinggi badan sampai dengan minimal 160 cm dan untuk pendaftar perempuan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran harus memiliki tinggi badan minimal 155 cm.
  5. Peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV atau AIDS, dan juga  bebas narkoba.
  6. Peserta pendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran baik laki-laki atau perempuan tidak boleh bertato dan tidak memiliki bekas tato. Peserta juga tidak boleh bertindik. Kecuali pada perempuan yang memang di tindik pada bagian daun telinganya.
  7. Peserta memiliki penglihatan normal dan tidak buta warna.
  8. Pendaftar tidak sedang Tidak menjalani dan terancam hukuman karena melakukan kejahatan atau kriminal.
  9. Semua peserta pendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran wajib dan bersedia menjalani aturan yang telah ditetapkan.
  10. Peserta akan secara otomatis dinyatakan gugur apabila memalsukan dokumen ketika mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran.
  11. Peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran diwajibkan membayar biaya pendaftaran sesuai dengan kebijakan yang berlaku.
  12. Peserta pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran wajib membuat pernyataan yang tercantum dalam surat keterangan bermaterai 6 ribu.

Alur Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Setelah kamu mengetahui mengenai Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran secara sekilas, berikutnya akan kami jelaskan secara lengkap mengenai alur pendaftaran di sekolah kedinasan bidang pelayaran ini. Berikut ini adalah alur pendaftaran bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan studi di sekolah kedinasan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran. Simak penjelasan pada artikel yang ada di bawah ini.

  1. Tahapan pertama yang harus dilakukan oleh peserta pendaftar adalah melakukan registrasi secara online melalui laman website resmi dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran yaitu di alamat url http://sscasn.bkn.go.id/. Nanti kamu diharuskan untuk membuat username dan kata sandi yang akan digunakan untuk mengakses situs pendaftaran tersebut.
  2. Jika kamu sudah melakukan registrasi, langkah selanjutnya adalah kamu masuk ke laman website berikutnya yaitu sipencatar.dephub.go.id dengan mengunakan ussername dan kata sandi yang telah kamu buat sebelumnya.
  3. Pada halaman website tersebut kamu isi secara lengkap semua data diri dan identitas serta semua dokumen-dokumen yang diperlukan. Jika tahapan pengisian data telah kamu lakukan, tahapan terakhir adalah kamu mencetak kartu yang akan dijadikan bukti ketika kamu mengikuti seleksi masuk di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai pendaftaran di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran. Dan jika kalian lolos seleksi administrasi pendaftaran, maka kalian harus mencari bimbel stpi. Fungsi dari bimbel stpi adalah untuk mengajarkan kalian untuk bisa lolos di tahap tes ujian masuk Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran.