Sehat dan Mudah Dibuat, Jus Lemon Baik untuk Ibu Hamil

Dalam satu buah lemon mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. Kandungan seperti vitamin C, E, B1, B2, B3, B5, dan mineral, fosfor, kalsium kalium, dan zat besi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada pelarangan untuk minum minuman lemon bagi siapa saja, termasuk ibu hamil.

Selain makanan seimbang dan susu, ibu hamil juga perlu mengonsumsi camilan dan minuman sehat lainnya. Salah satu minuman menyehatkan yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah jus lemon. Berikut adalah kebaikan lemon untuk ibu hamil:

  1. Meredakan Mual

Berbeda dengan mual karena magh, mual pada ibu hamil bisa diredakan dengan minum jus lemon. Sensasi menyegarkan yang keluar dari buah satu ini bisa membuat rasa mual hilang.

  1. Meredakan Nyeri dari Kaki Bengkak

Kaki bengkak pada ibu hamil memang sudah biasa. Namun, jika dibiarkan terus-menerus dapat mengganggu kenyamanan. Selain susah untuk jalan, kaki bengkak terkadang terasa nyeri.

Untuk meredakan gejala tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi air lemon, air lemon+madu, ataupun air lemon+jahe sekaligus untuk menghangatkan tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Janin

Lemon mengandung mineral tinggi, salah satunya magnesium dan kalsium. Seperti susu, kandungan lemon satu ini bisa membuat tulang ibu dan janin sehat.

  1. Meningkatkan Daya Tubuh

Kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin. Karena itu, ibu hamil dapat mengonsumsi lemon untuk meningkatkan imun tubuh.

Lemon yang memiliki sifat antibakteri dan kaya vitamin C, bisa melawan virus sehingga imun meningkat. Dengan ini, ibu hamil tidak rentan terserang flu.

Membuat Jus Lemon untuk Ibu Hamil

Selain dibuat menjadi infused water atau campuran lemon tea, lemon juga bisa dikonsumsi menjadi jus. Sama dengan minuman lain, jus lemon pun memiliki manfaat banyak dan mudah dibuat. Berikut adalah cara sederhana membuat jus lemon untuk ibu hamil:

  1. Siapkan satu buah lemon, tiga sendok madu, dan air hangat atau air biasa yang tidak terlalu dingin.
  2. Belah lemon menjadi dua bagian. Peras di dalam blender. Masukkan madu dan air. Blender hingga merata. Jus lemon siap diminum.

 

Demikianlah beberapa manfaat dan cara membuat jus lemon untuk ibu hamil. Sebaiknya buat jus lemon menggunakan buah asli agar kandungan gula tidak tinggi.