Amalkan Doa Naik Kendaraan Berikut Ini agar Aman di Jalan

Sebagai seorang manusia, tentunya sesekali kita harus pergi dari rumah menuju ke sebuah tempat lainnya untuk suatu urusan. Bagaimanapun, manusia tidak akan bisa menghindari aktivitas dan mobilitas. Sering kali agar bisa sampai ke tempat tujuan, kita harus menggunakan transportasi tertentu, baik milik sendiri maupun kendaraan umum.

Selama melakukan perjalanan dengan naik kendaraan, Anda dan kita semua tentunya berharap tidak akan terjadi hal buruk. Sebagai umat muslim, ada tuntunan agar sebelum pergi kita membaca doa naik kendaraan supaya diberikan keselamatan hingga ke tujuan. Namun sebelumnya kita pelajari lebih dahulu doa ketika keluar rumah.

Bacaan Doa Ketika Keluar Rumah

Ketika hendak keluar rumah untuk bepergian jangan lupa membaca doa terlebih dahulu. Bacaan doa ketika keluar rumah yaitu,

Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloh, laa hawla wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya : Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya; tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya.

Dengan membaca doa ketika keluar rumah, maka kita telah berserah diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala keadaan kita. Apapun yang terjadi saat kita keluar rumah, semuanya adalah takdir yang telah dituliskan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Setelah membaca doa saat hendak keluar rumah, selanjutnya membaca doa ketika naik kendaraan.

Urutan Bacaan Doa Naik Kendaraan

Doa saat naik kendaraan merupakan salah satu doa yang biasanya diulas dalam buku atau artikel tentang kumpulan doa. Bagaimana doa ketika naik kendaraan tersebut secara lengkap baik bacaan dalam bahasa Arab ataupun artinya dalam bahasa Indonesia? Berikut urutan sekaligus penjelasannya.

  1. Bismillah 3x, Alhamdulillah

Pertama membaca bismillah sebanyak 3x dilanjutkan membaca Alhamdulillah 1x yang artinya :

Artinya: Dengan menyebut nama Allah (3x). Segala puji bagi Allah.

  1. Membaca Doa

Sebelum Anda mengendarai mobil atau jenis transportasi lainnya menuju ke suatu tempat, jangan lupa untuk membaca doa. Mengawali perjalanan Anda tersebut dengan doa selain sesuai dengan tuntunan agama Insya Allah akan membuat perjalanan menjadi lancar.

Inilah bacaan doa saat akan naik kendaraan.

”Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadza wamaa kunnaa lahuu muqriniin wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun.”

Artinya : “Maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).”

  1. Membaca Alhamdulillah 3x

  2. Membaca Allohu akbar 3x

Bacaan takbir bermakna sebagai pujian atas kebesaran Allah Subhanahu wa ta’ala

  1. Membaca Doa

Selanjutnya membaca doa sebagai berikut:

Subhaanaka innii qod zholamtu nafsii, faghfirlii fa-innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya : Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri maka ampunilah aku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau.

Saat sedang berada di atas kendaraan dan menempuh perjalanan, kita tidak akan pernah mengetahui apa yang akan terjadi. Sebagai manusia, kita hanya bisa berdoa dan berharap semoga Allah senantiasa memberikan keselamatan hingga ke tempat tujuan.

  1. Membaca “Subhanallah” Saat Melewati Jalanan Menurun

  2. Membaca “Allahu akbar” Saat Melewati Jalanan Mendaki

  3. Mendoakan kebaikan

Saat safar, kita sedang berada di waktu dimana doa diijabahi. Alangkah baiknya kita mendoakan kebaikan diri, keluarga, orang-orang terdekat, dan kaum muslimin secara umum ketika bersafar. Dalam hadits telah  disebutkan,

Tiga waktu diijabahi (dikabulkan) doa yang tidak diragukan lagi yaitu: (1) doa orang yang terzalimi, (2) doa seorang musafir, (3) doa orang tua pada anaknya.” (HR. Ahmad, 12:479; Tirmidzi, no. 1905; Ibnu Majah, no. 3862. Syaikh Al-Albani menghasankan hadits ini).

Cara Lain Mengingat Allah Selama di Perjalanan

Lalu, jika belum atau tidak hafal dengan urutan doa naik kendaraan seperti yang dituliskan di atas, apakah ada cara lain untuk mengingat Sang Pencipta? Tentu saja ada. Anda bisa mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala selama dalam perjalanan dengan cara berdzikir. Melakukan dzikir merupakan sebuah amalan yang menandakan kita senantiasa mengingat Allah dan memohon perlindungan hanya kepada-Nya.

Dengan berdzikir kita mengharap Allah Subhanahu wa ta’ala senantiasa menjaga dan melindungi kita saat berada di tengah perjalanan. Semoga dengan mengamalkan doa naik kendaraan, kita akan dicatat telah melaksanakan Sunnah yang Rasulullah shalllallahu ‘alaihi wasallam ajarkan. untuk doa-doa lainnya bisa kunjungi situs al-fikry.com.