Inilah Cara Mengembalikan WA yang Terhapus Paling Mudah

Pernahkah anda tidak sengaja menghapus aplikasi WA di smartphone anda? Ataukah anda sedang mengalaminya sekarang? Jangan panik. Jangan berfikir bahwa WA yang sudah terhapus tidak dapat dikembalikan. Baik aplikasi atau chat WA yang terhapus bisa dikembalikan dengan mudah. Cara mengembalikannya tidak membutuhkan aplikasi tertentu, anda hanya perlu memanfaatkan google drive.

Ada dua alasan yang membuat WA terhapus dari smartphone. Alasan yang pertama adalah anda tidak sengaja menghapus aplikasi tersebut. Alasan yang ke dua adalah WA terhapus begitu saja. Ketika WA terhapus anda tidak perlu cemas karena WA tersebut bisa dikembalikan. Cara mengembalikannya juga sangat mudah. Ada catatan penting untuk bisa mengembalikan akun WA anda.

Catatan penting tersebut adalah menggunakan nomor yang sama. Biasanya proses pengembalian WA yang sudah terhapus membutuhkan konfirmasi yang akan dikirimkan melalui nomor yang digunakan. Pastikan nomor tersebut masih aktif sehingga bisa menerima konfirmasi dari WA. Jika nomor masih tersedia maka anda bisa menggunakan kembali WA yang sudah terhapus tersebut. Chat di dalamnya juga masih utuh tidak ada yang hilang. Itulah catatan penting yang harus anda perhatikan.

Cara Mengembalikan WA dengan Mudah

Mengembalikan akun WA yang terhapus berbeda dengan mengembalikan aplikasi WA. Jika hanya menginginkan aplikasi WA maka tinggal mengunduh ulang saja. Namun jika kehilangan akun WA maka proses pengembaliannya tergolong lebih rumit. Prosesnya akan lebih rumit jika anda tidak pernah melakukan backup secara otomatis tentu anda tidak memiliki cadangan informasi atau pesan yang ada di dalam WA ketika WA terhapus. Namun bagi anda yang melakukan backup secara otomatis maka seluruh informasi masih tersimpan dengan baik.

Cara mudah mengembalikan akun Wa tersebut bisa melalui dua cara. Cara pertama adalah menggunakan google drive dan menggunakan cara manual. Google drive ini bisa digunakan untuk anda yang melakukan backup pada WA. Namun bagi anda yang tidak sempat melakukan backup maka bisa menggunakan cara manual. Kedua cara inilah yang bisa mengembalikan akun WA anda yang sudah terhapus.

Proses pengembalian akun WA memang rumit namun anda tetap bisa mengembalikannya seperti semula. WA kini menjadi aplikasi yang populer di Indonesia. Jumlah penggunanya juga sangat banyak. Wajar saja ketika akun WA hilang mampu membuat orang menjadi panik. Selain WA ada juga Whatsapp GB yang memiliki fungsi sama seperti WA namun dengan fitur yang lebih canggih. Penasaran dengan dua cara pengembalian akun WA? Langsung saja simak sampai akhir ulasan di bawah ini.

Dua Cara Mengembalikan WA yang Terhapus

Akun WA terhapus baik sengaja maupun tidak sengaja tetap saja membuat pemiliknya cemas. Ada dua cara untuk bisa mengembalikan WA anda yang sudah terhapus. Pengembalian akun WA ini meliputi pengembalian pesan dan beberapa riwayat lain yang ada di dalamnya. Sehingga ketika akun bisa kembali, WA bisa digunakan seperti biasanya.

Cara pertama untuk mengembalikan WA adalah dengan menggunakan google drive. Google drive sering digunakan untuk melakukan backup pada Whatsapp. Google drive menyimpan secara informasi yang ada di Whatsapp ketika anda mencadangkannya. Ketika WA terhapus maka google drive akan membantu memulihkan seperti semula. Seperti halnya ketika akun WA anda terhapus, google drive bisa mengembalikannya.

Cara menggunakan google drive ini cukup mudah. Lakukan langkah – langkah seperti pertama kali menggunakan Whatsapp. Jika sudah sampai pada fitur verifikasi nomor secara otomatis akan ada scanning untuk mencari data – data yang sudah dibackup. Semua data yang tersimpan di google drive akan dikembalikan di dalam WA. Setelah proses scanning selesai anda bisa menekan pilihan restore. Akun WA anda berhasil dikembalikan dengan seluruh data di dalamnya.

Cara ke dua adalah secara manual. Bagi anda yang tidak sempat melakukan backup menggunakan google drive, anda tetap bisa mengembalikan akun WA anda yang sudah terhapus. Menggunakan cara manual ini tergolong ribet namun menjadi pilihan terbaik untuk anda coba. Caranya adalah dengan masuk ke file manager pilih Whastapp dan pilihlah database. Pilih data yang ingin anda lakukan backup, lalu backuplah. Itu cara awal anda menggunakan cara manual.

Setelah melakukan backup tersebut anda harus melakukan proses seperti menginstall WA pertama kali. Unduh aplikasinya lalu login menggunakan nomor yang sama atau yang baru. Lakukan hingga ke tahap verifikasi nomor. Setelah tahap ini anda akan menemukan pilihan menu restore. Nantinya secara otomatis WA akan kembali dengan file terakhir yang sudah dibackup. Itulah cara manual yang bisa mengembalikan akun WA anda.

Dua cara di atas baik menggunakan google drive maupun menggunakan cara manual pada intinya sama saja. Akun WA yang sudah terhapus bisa dengan mudah dikembalikan jika sudah dilakukan backup. Jika anda ingin menggunakan nomor yang sama tentunya nomor tersebut harus aktif untuk menerima kode verifikasi, namun jika nomor anda sudah tidak aktif maka anda harus menggunakan nomor lain. Dengan dua cara tersebut anda bisa dengan mudah mengembalikan akun WA yang sudah terhapus.