Cara Menanam Semangka

Semangka adalah jenis tanaman yang sangat toleran atau tahan terhadap kekeringan sehingga buah ini sering ditanam saat musim kemarau. Tanaman yang dapat hidup di daerah beriklim tropis dan subtropis ini memiliki kandungan air yang sangat banyak, yaitu sekitar 91 persen serta memiliki rasa yang manis.

Tips Menanam Buah Semangka

Sebagai tanaman yang mampu hidup dalam kondisi kekurangan air, semangka termasuk jenis tanaman yang tidak rewel sehingga mudah untuk ditanam dan dipelihara. Bagi Anda yang ingin menanam semangka di lahan khusus  atau bahkan pekarangan rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam yaitu sebagai berikut.

  1. Penuhi syarat tumbuh

Sebelum mulai menanam, pastikan dahulu bahwa Anda telah mengetahui syarat tumbuhnya karena syarat tumbuh itulah yang menentukan apakah semangka yang ditanam dapat tumbuh dengan baik atau tidak. Syarat tumbuh yang harus dipenuhi adalah kondisi lingkungan seperti sifat tanah, udara ketinggian tempat dan masih banyak lagi.

  1. Cara menanam semangka

Semangka adalah tanaman yang dikembangbiakkan dengan biji. Artinya, untuk dapat menanam semangka, Anda harus menumbuhkan biji semangka. Sebelum langsung ditanam di lahan, sebaiknya semai terlebih dahulu biji atau benih semangka unggul dan bersertifikat agar pertumbuhan benihnya lebih seragam dan lebih terkontrol.

Selain disemai terlebih dahulu, benih semangka juga dapat ditanam secara langsung di lahan. Namun, sebaiknya benih semangka disemai terlebih dahulu agar persentase tumbuhnya lebih tinggi. Pada fase persemaian ini benih semangka ditumbuhkan hingga cukup kuat untuk menghadapi kondisi lingkungan di lahan penanaman.

  1. Pemupukan dan pemeliharaan

Setelah mengaplikasikan cara menanam semangka yang benar, tanaman semangka harus dipelihara dengan baik dengan melakukan pemupukan, penyiraman, pembersihan gulma atau tanaman pengganggu serta pengendalian terhadap hama dan penyakit.

Semangka memang termasuk tanaman yang tahan terhadap kekeringan, namun tanaman ini tetap membutuhkan air agar dapat tumbuh dengan baik. Penyiraman tanaman semangka dapat dilakukan setidaknya tiga hari sekali. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan kapan harus menyiram dengan memperhatikan kondisi cuaca.

About the author