Tahukah Anda Pentingnya Ketahui Gejala Jerawat Sejak Dini? Yuk Cek Di Sini!

Kulit yang sensitif ditambah dengan pola hidup yang kurang sehat dapat memicu berbagai penyakit kulit, seperti jerawat. Tidak hanya itu, beberapa masalah kesehatan juga dapat jadi pemicu munculnya jerawat di kulit. Oleh karena itu, jerawat yang tumbuh di kulit ini harus diatasi dengan cara jitu. Sebelumnya, anda harus memahami beberapa gejala jerawat agar dapat memberi penanganan yang tepat terhadap kulit anda. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Gejala Munculnya Jerawat

Jerawat yang muncul di kulit ditandai dengan berbagai cara yang berbeda, yang pertama adalah whiteheads. Beberapa orang memang memilikinya dan biasanya jerawat jenis ini tidak tumbuh hingga meradang. Gejala yang timbul adalah pori pori yang tertutup dan biasanya tampak seperti benjolan berwarna putih. Ukuran jerawat ini lebih kecil karena kotoran yang menutup pori pori pun tidak terlalu besar. Penyembuhannya pun cukup sederhana daripada jerawat lain.

Jerawat yang kedua ini meresahkan beberapa orang yang mengalaminya karena warnanya sangat tampak dan tumbuh di tempat yang mudah terlihat, yaitu blackheads. Ciri cirinya pori pori terbuka dan terlihat seperti titik hitam karena efek oksidasi udara. Berwarna hitam dan biasanya muncul di bagian pori pori yang besar, seperti area T zone atau bawah mata membuat jerawat jenis ini sangat meresahkan. Anda harus rutin membersihkannya agar wajah lebih bersih.

Selanjutnya yang juga sering dialami adalah jerawat yang muncul dengan ditandai bintik merah kecil disertai rasa nyeri. Gejala jerawat seperti ini lazim disebut papula. Papula ini sangat meresahkan karena warnanya merah, sehingga sulit untuk ditutupi dan tidak menarik perhatian orang lain. Serba salah jika anda tutup dengan riasan, jerawat akan semakin parah bahkan meradang karena kulit tidak memiliki ruang untuk bernapas dan sembuhnya pun makin lama.

Pustula sebutannya dengan tanda tanda yang cukup umum pula, yaitu benjolan kecil dengan ujungnya yang berisi nanah. Bagi sebagian orang, jerawat seperti ini sangat menguntungkan karena nanah di ujung benjolan dapat dikeluarkan. Akan tetapi, salah satu upaya agar jerawat tidak meradang adalah memberikan kontak langsung antara jerawat dengan tangan. Oleh sebab itu, anda harus dapat menahan diri untuk tidak memencet jerawat hingga nanahnya keluar.

Yang tidak kalah populer dan sering dialami banyak orang adalah jerawat yang disebut nodul. Tanda tandanya benjolan yang muncul di bawah permukaan kulit ini besar, padat, dan disertai rasa nyeri. Selain mengganggu penampilan, jerawat satu ini sulit untuk diatasi. Gejala jerawat jenis ini dapat anda kompres agar tidak meradang dan segera kempes. Menyentuh benjolan satu ini pun hanya akan memberikan rasa sakit yang cukup intens, sehingga sebaiknya dihindari.

Jika kulit anda timbul benjolan di bawah permukaan kulit dengan nanah di ujungnya dan terasa nyeri, maka anda sedang mengalami jerawat kistik. Jerawat satu ini juga sangat sering dialami terutama pada saat memasuki masa menstruasi bagi perempuan. Hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh dapat memicu tumbuhnya jerawat dan akan semakin parah saat anda stress karena jerawat tidak kunjung hilang. Oleh sebab itu, hindarilah stres agar tidak semakin parah.

Tanda tanda lain juga sering dialami adalah rasa gatal di benjolan yang akan menjadi jerawat tersebut. Rasa gatal ini membuat anda ingin menggaruknya, tetapi tahukah anda bahwa hal itu dapat memperparah gejala jerawat anda? Jerawat yang gatal sebaiknya tidak digaruk karena kontak langsung dengan tangan dapat membuat jerawat anda semakin meradang. Terutama jika tangan anda dalam kondisi kotor, sebaiknya hindari untuk melakukan kontak langsung.

Pencegahan Munculnya Jerawat di Tubuh

Jika anda wanita yang sangat menyukai riasan, sebaiknya gunakan riasan yang cocok untuk kulit anda. Terutama jika anda memiliki kulit yang sensitif, sangat penting memilih make up dengan kandungan yang tepat serta tidak memiliki efek yang berbahaya. Selain itu, pastikan anda juga selalu membersihkan riasan setelah beraktivitas dan hendak tidur. Tidak lupa selalu gunakan toner agar kulit anda terhidrasi dengan baik dan tidak menyebabkan munculnya jerawat.

Yang tidak kalah penting dalam menjaga kebersihan kulit adalah mencuci wajah secara teratur. Pastikan anda selalu mencuci wajah agar kulit selalu bersih karena beberapa masalah jerawat memang menyerang karena terpapar debu, polusi, keringat, dan sinar ultraviolet. Akan tetapi, anda hanya dianjurkan cuci muka sebanyak dua kali dalam sehari. Jika kelebihan, kulit anda akan kehilangan kelembabannya tetapi kurang dari dua kali pun tidak baik karena kurang bersih.

Stres adalah suatu hal yang dialami oleh banyak orang dan menjadi gejala jerawat yang sangat lazim. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda mengelola stres dengan baik agar tidak memicu berbagai penyakit lain. Stres menjadi pemicu banyak penyakit lainnya karena sumber dari sistem tubuh ini adalah otak. Masalah kesehatan pun dapat memicu jerawat dengan berbagai keluhan di berbagai tempat. Sebaiknya anda rutin untuk menyegarkan pikiran anda.

Jerawat di tubuh juga dapat disebabkan oleh biang keringat yang berasal dari pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang terlalu ketat mengurangi sirkulasi udara dan membuat kulit lebih banyak bergesekan dengan pakaian. Inilah yang memicu timbulnya jerawat, terutama jika anda mudah berkeringat. Jerawat yang ditimbulkan, seperti jerawat di punggung, jerawat di leher, jerawat di perut, dan lain sebagainya. Sebaiknya anda mengganti dengan baju yang longgar.

Kulit memiliki kelenjar yang memproduksi minyak, sehingga pastikan tidak memakai produk make up yang memiliki kandungan minyak. Hal tersebut bertujuan agar tidak semakin banyak minyak yang ada di permukaan kulit anda. Minyak memang sangat baik untuk kulit agar tidak menyebabkan kulit kering yang menjadi sumber banyak masalah. Akan tetapi, minyak berlebih juga dapat memicu gejala jerawat karena banyaknya pori pori yang tersumbat.

Kulit yang sensitif memang sering kali meresahkan karena memicu ketidakcocokan dengan produk perawatan kulit yang sembarangan. Selain itu, kulit yang rentan juga lebih mudah ditumbuhi jerawat dengan berbagai tanda yang berbeda. Anda dapat mencegah tumbuhnya jerawat dengan lima cara yang tepat dan ditambah dengan obat yang ampuh, seperti obat jerawat punggung yang terkenal hilangkan jerawat di punggung. Semoga bermanfaat!

About the author