Jenis Pemeriksaan Fisik Bayi Baru Lahir Lengkap

Bayi yang baru lahir harus melakukan pemeriksaan fisik secara lengkap dan hal ini merupakan hal yang harus dilakukan oleh dokter ketika bayi lahir. Pemerikasaan ini bertujuan untuk mengetahui keadaan fisik bayi apakah ada kelainan atau tidak. Kita tahu bahwa bayi yang baru lahir sangat lemah saat lahir maka diharusnya untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Misalnya, paru-paru dimana harus menghirup udara bebas dan masih banyak organ lainnya yang perlu beradaptasi. Sehingga, bayi perlu melakukan pemerikasaan fisik bayi baru lahir lengkap sebelum akhirnya dipulangkan.

Waktu Pemerikasaan Fisik Bayi Baru Lahir Lengkap

Ada sebanyak 3 kali pemerikasaan yang dapat dilakukan untuk pemeriksaan bayi baru lahir. Pemerikasaan yang pertama yaitu saat baru saja lahir. Selanjutnya, yaitu ketika bayi sudah maulai stabil sekitar 7 sampai 24 jam setelah lahir. Yang terakhir yaitu sebelum bayi akan pulang, semua jenis pemeriksaan ini dilakukan supaya dapat melihat bahwa bayi benar-benar normal dan tidak mengalami cacat.

Jenis  Pemerikasaan Fisik Bayi Baru Lahir Lengkap

Ada beberapa hal yang harus dilkukan ketika melakukan pemerikasaan fisik bayi baru lahir lengkap yiatu yang pertama adalah tahap APGAR. Pemerikasaan APGAR merupakan metode yang digunakan untuk menetukan kondisi bayi secara cepat. Pemeriksaan yang dilakukan yaitu mengenai warna kulit, kepakaan atau reflek bayi, denyut pada jantung, tonus otot serta sistem pernafasan. Setelah nilai APGAR diketahui maka akan diputuskan apakah ada langkah darurat yang perlu diambil atau tidak terhadap bayi tersebut.

Pemeriksaan APGAR dilakukan dengan berulang artinya tidak hanya sekali waktu saja yaitu saat 5 menit pertama. Setelah itu, 10 menit selanjutnya serta 15 meni setelh itu dan 24 menit selanjutnya. Hal tersebut dilakukan untuk membuat yakin dokter bahwa bayi tersebut benar-benar normal.

Demikian, penjelasan mengenai pemeriksaan fisik bayi baru lahir lengkap yang biasa dilakukan sebelum dipulangkan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui bahwa bayi tidak memiliki kelainan fisik. Ada pemeriksaan yang dapat dengan cepat dilkukan yaitu pemeriksaan fisik APGAR.

 

About the author