Ketahui Strategi dan Manfaat Branding dalam Bisnis

 

 

Dalam dunia marketing atau pemasaran ada satu istilah yang sebenarnya tidak asing untuk masyarakat meskipun tidak tahu apa maksudnya. Istilah yang dimaksud adalah branding. Tentunya sesekali kita sudah mendengar orang menyebutkan kata branding walaupun mungkin mereka juga tidak tahu apa pengertian yang sebenarnya. Bagi orang pemasaran branding menjadi sesuatu yang sangat penting.

Branding memiliki banyak manfaat bagi bisnis dan perusahaan yang akan membawa pada penghasilan serta keuntungan yang besar. Manfaat branding yang sangat penting tersebut membuat perusahaan mengatur dan membuat strategi jitu untuk menjalankannya. Strategi yang dibuat tersebut bertujuan untuk membentuk branding yang kuat agar merek dan produk bisa diingat oleh masyarakat.

Bagaimanakah strategi yang dilakukan untuk membentuk branding serta manfaatnya bagi produk dan bisnis Anda? Anda akan menemukan jawabannya pada penjelasan berikut ini.

Strategi untuk Membangun Branding

Buat Iklan yang Menarik

Jangan terpaku pada ongkos dan biaya iklan yang tidak sedikit sehingga membuat Anda takut untuk melakukannya. Kita tidak perlu membuat iklan dengan anggaran besar sebagaimana yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah mapan. Mulailah dari cara yang mudah, murah dan sederhana namun tetap bisa mencapai tujuan.

Jika Anda merupakan pelaku UKM dengan modal yang terbatas bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat iklan. Silahkan gunakan FB, IG ataupun Twitter dan media sosial lainnya untuk memposting iklan produk Anda. Kalau ada kelebihan anggaran Anda bisa membuat iklan berbayar di media sosial seperti FB. Bukankah tujuan iklan adalah untuk membuat orang mengenal produk Anda.

Mengadakan dan Mengikuti Event

Cara lain untuk mengenalkan produk Anda adalah dengan ikut event atau mengadakannya sendiri. Event yang dimaksud antara lain pameran, bazar dan juga kegiatan amal. Dalam sebuah event tertentu biasanya akan didatangi orang banyak dan itu adalah tempat yang tepat untuk mengenalkan merek Anda. Satu hal yang harus Anda ingat yaitu ikuti event yang sesuai dengan produk Anda.

Berikan Nilai Tambah pada Produk

Untuk bisa memenangkan persaingan Anda harus memiliki kelebihan yang tidak ada pada merek lainnya. Itulah sebabnya akan sangat baik jika ada nilai tambah yang bisa didapatkan konsumen dari produk Anda tersebut. Anda bisa menyisipkan konten berupa informasi penting yang dibutuhkan masyarakat di sela iklan Anda. Hal seperti ini meskipun terlihat sederhana akan membuat konsumen terkesan.

Strategi Individu dan Family Branding

Untuk menjadikan produk dan merek Anda lebih dikenal kemudian dipilih konsumen lakukan individu dan family branding. Individu branding adalah menunjukkan perbedaan berdasarkan merek produk. Bisa juga dilakukan dengan cara memberikan nama atau merek yang berbeda untuk produk-produk Anda.

Sedangkan yang dimaksud dengan family branding yaitu memberikan nama yang sama pada produk yang berbeda selama dikeluarkan oleh brand yang sama. Misalnya perusahaan makanan anak-anak dari Gery terdapat beberapa nama atau merek misalnya Gery malkist, Gery wafer dan seterusnya.

Lalu apa sebenarnya manfaat yang akan didapatkan oleh produk dan bisnis Anda melalui branding tersebut? Inilah jawabannya.

Manfaat Branding untuk Produk dan Bisnis

Untuk Membedakan Produk dengan Pesaingnya

Branding dibangun agar sebuah merek bisa dibedakan dari produk sejenis dari brand yang berbeda. Tanpa perbedaan yang bisa dilihat oleh konsumen maka besar keumungkinan produk Anda akan dianggap sebagai produk orang lain. Apalagi saat ini banyak produsen yang membuat produk dengan kemasan yang mirip dengan merek yang sudah dikenal orang.

Menarik Perhatian Konsumen

Saat produk diletakkan di rak-rak pada minimarket, supermarket ataupun pasar hanyalah merek dengan penampilan yang menarik mata. Terlebih jika kemasan dari produk tersebut langsung bisa menarik perhatian orang pada saat pertama kali melihatnya. Kemasan produk yang semacam ini sudah memiliki branding yang kuat. Menarik perhatian konsumen juga bisa dilakukan dengan membuat logo.

Anda bisa membuat logo yang bagus pada jasa huruf timbul terpercaya yang akan membantu Anda membangun branding.

Meraih Loyalitas Konsumen dan Pelanggan

Branding produk yang bagus dan kuat akan membuat konsumen tidak memilih merek lainnya meskipun harganya mungkin lebih murah. Konsumen yang sudah terlanjur mencintai sebuah merek akan sulit berpaling ke lain hati. Rasa cinta konsumen pada merek tertentu tersebut diperoleh dari branding yang berhasil dibangun.

Setelah mencintai suatu merek maka konsumen sangat berpotensi untuk menjadi pelanggan yang loyal. Semakin bagus dan kuat branding yang dibangun maka akan semakin banyak pelanggan yang loyal pada produk Anda tersebut.

 

 

 

 

 

About the author