Penyebab Rantai Motor Kendor

 

Seperti yang kita tahu bahwasannya rantai adalah komponen sepeda motor yang memiliki fungsi sangat penting untuk menggerakkan kendaraan motor. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai penyebab rantai motor kendor.

 

Rantai motor adalah komponen motor yang memiliki Efek domino atau efek menular dimana apabila rantai motor mengalami kerusakan atau kendor maka akan terjadi kerusakan pula pada bagian lain yang berkaitan secara langsung dengan rantai motor. Ini dikarenakan karena apabila rantai motor kendor maka gesekan yang terjadi akan semakin besar apabila motor sedang dalam tikungan dan juga jalan yang tidak rata. Selain rantai motor kendor dapat membuat kerusakan pada bagian motor lainnya kok rantai motor kendor juga dapat membuat suara berisik karena saling bergesekan dengan arm ataupun dengan sesama rantai motor.  Dan bunyi gesekan ini akan sangat mengganggu telinga kita karena bunyi ini sangat tidak normal untuk didengar.

Penyebab rantai motor cepat kendor

Berikut beberapa penyebab rantai motor cepat kendor dari Mamang bengkel.

  1. Proses pengencangan tidak benar

Salah satu penyebab yang bisa menjadikan rantai motor kamu cepat kendor adalah karena proses pengencangan rantai motor yang tidak benar. Saat melakukan reparasi pada rantai motor pastikan untuk selalu mengencangkan kembali rantai motor agar rantai motor tidak mudah kendor.  Saat mengencangkan rantai motor pastikan jarak antara kiri dan kanan arm sama, karena Apabila jarak kiri dan kanan berbeda dapat mengakibatkan gir bagian depan dan belakang tidak Center yang akhirnya timbullah suara karena gesekan antara lantai dengan gear. Kemudian kamu juga bisa mengatur kerenggangan dan kekencangan yang pas sesuai dengan intruksi dari pabrik, kekencangan rantai motor harus benar-benar pas karena apabila terlalu kencang juga akan mengakibatkan berat ketika dipakai saat high speed dan rantai akan mengalami ketegangan.  Setelah memastikan semua rantai benar-benar kencang dan tidak kendor kamu juga perlu memastikan baut benar-benar terpasang rapi dan tidak kendor serta jangan juga miring.

  1. Rantai kering

Seperti yang kita tahu bahwa rantai memiliki fungsi yang sangat urgen dalam mesin motor. Dan seperti yang kita tahu pula bahwa rantai harus dilumasi agar fungsinya dapat optimal.  Pelumas berfungsi untuk meminimalisir gesekan, ketika gesekan dapat diminimalisir maka daya untuk saling menarik antara rantai menjadi semakin kecil sehingga lantai akan mudah berputar dan bebannya juga kecil.

Coba anda bayangkan saat rantai kering tanpa dilumasi maka gesekan antara lantai akan semakin besar serta tarikan dan beban akan semakin besar sehingga akan memudahkan rantai untuk cepat kendor.

  1. Gaya berkendara

Tidak hanya melulu masalah rantai yang mengakibatkan rantai itu cepat kendor beberapa masalah lain seperti gaya berkendara juga dapat mengakibatkan rantai menjadi mudah kendor. Cara berkendara yang dapat membuat rantai motor cepat kendor adalah ketika kita sering melakukan tarik ulur gas, akselerasi secara terus-menerus dan juga secara mendadak dan juga menstop dan go motor secara tiba-tiba akan mengakibatkan rantai motor mudah mengalami ketegangan dan berpeluang untuk baut-baut rantai motor menjadi longgar.  Maka kamu tidak perlu heran bagi kamu yang suka berkendara ugal-ugalan rantai motormu akan cepat mengalami kekendoran.

  1. Beban yang berlebihan

Selain faktor-faktor teknis terkait cara perawatan rantai motor. Faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap kepanjangan rantai motor adalah beban muatan motor.  Rantai motor kendor juga dapat disebabkan karena penggunaan beban muatan motor yang berlebihan apabila kamu sering mengangkut barang-barang berat di motor maka mur-mur  rantai motor akan mudah mengendor. Selain itu jarak tempuh motor juga dapat berpengaruh pada kerapatan rantai motor.

Demikian artikel mengenai penyebab rantai motor kendor semoga bermanfaat.

 

About the author