Peran Penting Dari Pelaku Ekonomi

 

 

Pelaku ekonomi ialah seluruh pihak yang mempunyai kaitan di dalam kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi, baik itu individu maupun lembaga. Peran dari pelaku perekonomian tersebut akan dilakukan pada beberapa pihak. Misalnya seperti ibu rumah tangga, pemerintah, maupun perusahaan. Semua pelaku tersebut mempunyai peran masing-masing, sehingga Jika dilihat pada kegiatan perekonomian terjadinya interaksi diantara pelaku yang satu dengan pelaku yang lainnya.

Peran Penting Dari Pelaku Ekonomi

Pemerintah juga termasuk sebagai pelaku perekonomian karena pihak pemerintah juga mempunyai pengaruh di dalam pengontrolan, pengawasan, maupun koordinator di dalam kegiatan perekonomian. Tujuannya yaitu supaya dapat tercipta iklim yang stabil dan kondusif. Berikut ini peran penting dari masing-masing pelaku perekonomian yang bisa Anda ketahui:

 

  1. Rumah Tangga

Pelaku rumah tangga mempunyai dua peran yaitu sebagai konsumen terhadap barang dan jasa maupun produk supaya kebutuhan hidupnya terpenuhi. Pelaku rumah tangga juga menjadi penyedia faktor produksi. Misalnya seperti tanah atau lahan, tenaga kerja, bahan baku, maupun modal. Untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut maka pelaku rumah tangga akan memerlukan pemasukan yang berupa uang supaya barang kebutuhan dapat dibeli.

 

  1. Perusahaan

Pelaku ekonomi perusahaan mempunyai peran yang sangat penting di dalam ekonomi. Diantaranya yaitu untuk membeli faktor pendukung produksi, misalnya seperti membayar tenaga kerja, bahan baku, pengusaha, maupun modal. Selain itu perusahaan juga menjadi pihak yang mengkombinasikan atau mengelola dari faktor produksi supaya barang dan jasa dapat diproduksi. Sehingga perusahaan mempunyai peran penting sebagai produsen.

 

Perusahaan bisa menjual barang maupun jasa yang dihasilkanya kepada masyarakat. Terutama rumah tangga, masyarakat di luar daerah, di luar negeri maupun pemerintah. Selain itu perusahaan juga mempunyai tanggung jawab pada kesejahteraan masyarakat maupun karyawan yang ada di sekitaran dari lingkungan perusahaan.

 

  1. Pemerintah

Dalam kegiatan ekonomi, pemerintah bisa berperan sebagai produsen, konsumen, maupun sebagai pengatur kegiatan dalam perekonomian. Peran pemerintah sebagai produsen dapat memproduksi barang atau sebagai penyedia jasa, pelayanan umum sesuai yang dibutuhkan masyarakat.

 

Ketika pemerintah berperan sebagai konsumen, maka akan membutuhkan barang maupun jasa hasil dari produksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Sementara pemerintah sebagai pengatur dari kegiatan perekonomian mempunyai peran penting dalam mengatur kegiatan perekonomian. Misalnya membuat peraturan maupun kebijakan yang berhubungan pada kegiatan perekonomian.

 

Untuk seluruh peraturan dalam perekonomian Indonesia sudah diatur di dalam kegiatan perekonomian yang berdasarkan pada Pancasila maupun Undang-Undang Dasar 1945. Selain itu hal ini pun juga sudah disesuaikan pada garis besar pada haluan negara yang diberlakukan.

About the author