Prospek Perkembangan Startup Di Indonesia Yang Bisa Kamu Ikuti

Kalian tentu sudah tidak asing dengan yang namanya startup. Startup berasal dari kata serapan dalam bahasa inggris yang memiliki arti tindakan atau proses dalam memulai sebuah bisnis ataupun sebuah perusahaan baru. Secara sederhana startup merupakan sebuah bisnis yang baru atau belum lama didirikan dan masih dalam masa pengembangan.

Untuk Perkembangan Startup Di Indonesia, jumlah startup yang berdiri mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pasalnya sekarang ini tidak sedikit pengusaha muda yang ikut terjun langsung ke dalam bisnis startup untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Namun untuk bisa membangun atau mendirikan startup tentu tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya kalian harus memiliki tekad yang kuat serta tidak boleh berhenti untuk terus berinovasi dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada masyarakat.

Bagi kalian yang ingin tahu lebih jelas mengenai apa itu startup ataupun ingin tahu mengenai pengertian startup dan bagaimana Perkembangan Startup Di Indonesia yang terbaru, langsung saja simak informasi dibawah ini.

Apa Itu Startup

Secara umum startup merupakan sebuah perusahaan yang belum lama beroperasi atau berdiri. Dengan kata lain startup merupakan sebuah perusahaan yang masih berada di fase penelitian dan pengembangan untuk bisa mendapatkan target pasar yang tepat dan sesuai.

Penggunaan istilah startup sebagai sebuah perusahaan yang sedang berkembang, awalnya dimulai sejak tahun 1990 sampai tahun 2000. Namun sekarang istilah startup diidentikan dengan segala sesuatu atau perusahaan yang berhubungan dengan internet, teknologi, web dan hal lain yang masih berhubungan dengan beberapa hal tersebut.

Setelah mengetahui apa itu startup, tentu kalian juga harus mengetahui karakteristik atau ciri-ciri sebuah perusahaan yang dikategorikan sebagai startup. Adapun karakteristik startup diantaranya adalah perusahaan yang sudah memiliki pendapatan kurang dari 100 ribu dolar setiap tahunnya.

Sedangkan karakteristik startup lainnya yaitu usia perusahaan biasanya kurang dari 3 tahun dengan jumlah pegawai yang tidak lebih dari 20 orang. Selain itu startup biasanya beroperasi melalui website yang beroperasi atau berhubungan dengan teknologi. Dimana produk yang dihasilkan startup adalah berupa aplikasi berbentuk digital.

Perkembangan Startup Di Indonesia

Perkembangan Startup Di Indonesia cukup cepat, pasalnya dari tahun ke tahun tidak sedikit startup yang berdiri. Hal itu tentu tidak lepas dari berbagai kemudahan diantaranya kemudahan dalam mengakses internet.

Maka tidak heran jika jumlah pengguna internet yang ada di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Dengan adanya internet tentu akan memudahkan pendiri startup dalam mengembangkan atau mempromosikan startup nya sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Adapun beberapa jenis startup yang berkembang dengan baik di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut.

Startup Game

Salah satu jenis startup yang tidak pernah sepi peminatnya dan memiliki perkembangan yang sangat pesat adalah startup game. Hal itu tentu tidak lepas dari banyaknya gamers atau pemain game yang ada di Indonesia sangat banyak.

Dengan banyaknya gamers atau pemain game yang ada di indonesia tentu hal tersebut bisa dijadikan peluang yang cukup menjanjikan jika membuat startup game. Apalagi pemain game yang ada kebanyakan tidak begitu memikirkan masalah biaya untuk bermain game. Selama pemain game menyukai permainan atau gamenya mereka rela untuk mengeluarkan biaya demi bisa memainkan game yang disukainya.

Startup Edukasi

Adapun jenis startup lainnya yang banyak peminatnya adalah startup edukasi. Dimana edukasi atau pendidikan merupakan sesuatu yang tidak dapat tergantikan bahkan menjadi sebuah kewajiban. Startup edukasi bisa dibilang sebagai startup yang berkembang sangat pesat.

Startup edukasi memiliki peluang yang cukup besar. Pasalnya startup edukasi memiliki target pasar atau pelanggan yang cukup banyak bahkan hampir semua kalangan dari mulai anak-anak hingga dewasa bisa menjadi target pasar startup edukasi.

Adapun beberapa macam produk startup edukasi yang banyak diminati pelanggan diantaranya adalah aplikasi belajar berhitung, menggambar, mengajar dan masih banyak lagi lainnya.

Startup Perdagangan atau E-commerce

Dengan semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, apalagi dengan banyaknya e-commerce tentu akan memudahkan kalian ketika ingin berbelanja. Pasalnya cukup dari rumah saja, kalian sudah bisa berbelanja berbagai barang yang kalian butuhkan.

Hanya dengan menggunakan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet kalian sudah bisa membeli berbagai barang-barang yang diinginkan baik barang dari luar negeri maupun dari luar negeri. Dengan kata lain kalian dapat berbelanja secara online tanpa perlu bersusah payah pergi ke pusat perbelanjaan.

Itulah beberapa jenis startup yang memiliki peluang cukup besar dan sangat potensial di Indonesia. Perkembangan ketiga jenis startup tersebut tentu tidak lepas dari berbagai faktor pendukungnya. Adapun beberapa faktor pendukung tersebut meliputi masyarakat yang sangat terbuka dengan perkembangan teknologi serta jumlah penduduk Indonesia yang cukup banyak.

Selain itu perkembangan ketiga jenis startup tersebut tentu tidak lepas dari dukungan para investor maupun pemerintah dalam memberikan modal usaha. Pasalnya untuk bisa mendirikan sebuah startup dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Dimana modal tersebut nantinya digunakan untuk berbagai keperluan seperti pengurusan hak cipta, merek hingga untuk biaya operasional.

Jika kalian tidak ingin ketinggalan dengan adanya Perkembangan Startup Di Indonesia saat ini, kami menyarankan kalian untuk bisa memiliki startup di Indonesia dengan mendaftar ke akademi bisnis digital untuk bisa mendapatkan ilmu dalam membangun bisnis digital melalui media online dengan baik dan benar.

 

About the author