Kumpulan resep masakan ikan mas yang sangat bergizi untuk Ibu hamil

Ikan Mas merupakan makanan yang kaya akan nilai gizi dan memiliki efek plasenta, sehingga baik untuk menu makan ibu hamil. Tapi resep memasak ikan mas sangat diperlukan agar memberi rasa makanan yang enak. Jadi mengapa Anda tidak mencoba 5 resep masakan ikan mas di bawah ini, yang lezat dan sehat untuk ibu dan bayi.

Meskipun memiliki banyak tulang, daging ikan masa sangat lezat dan mengandung banyak bahan gizi seperti asam glutamat, glisin, lemak, arginin, omega 3, niasin, vitamin A, B1, B2, D, E. Kandungan protein dalam daging ikan mas juga bervariasi sesuai dengan musim dan perubahan cuaca.

Ikan mas dianggap sebagai makanan bergizi untuk wanita hamil, memberikan nutrisi tambahan sehingga ibu dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran saat hamil. Selain itu, menurut mitosnya, saat hamil, sering makan ikan mas, bayi akan terlahir cerdas, putih dan terutama bibirnya sangat merah.

Cara memilih ikan mas yang baik untuk dimasak

Untuk membuat masakan ikan mas lezat dan bergizi, memilih ikan mas yang masih segar adalah yang terbaik. Untuk mengetahui cara memilih ikan mas yang baik untuk dimasak, silahkan simak penjelasan berikut :

  • Yang terbaik adalah memilih ikan mas hasil tangkapan di sungai, karena ikan sungai memiliki daging yang lebih baik untuk kesehatan. Dagingnya tebal, tidak berlemak seperti ikan yang dibesarkan dalam kolam.
  • Sebaiknya pilih ikan yang tebal, yaitu ketebalannya merata dari sirip punggung ke bawah. Bukan hanya perut. Ikan dengan perut besar saja, biasanya berisi telur atau ikan yang dipelihara di kolam, diberi makan pelet. Ikan seperti itu akan memiliki sedikit daging dan bukan daging yang baik untuk kesehatan.
  • Jika Anda ingin membeli ikan mas yang masih segar, pilih ikan mas yang masih hidup, dan minta penjual untuk memotongnya.
  • Jika ikan telah dipotong sebelumnya, hanya boleh membeli ikan mas yang bagian tubuhnya yang masih menempel di kepala ikan (tubuh bagian atas). Karena sekarang Anda bisa melihat apakah insang masih merah cerah, mata masih cerah yang menandakan ikan tersebut baru dipotong dan masih segar.

Resep Sup Ikan Mas Asam Manis Yang Enak

Ini adalah resep masakan ikan mas segar yang kaya akan nutrisi dan rasa asam, sehingga akan lebih mudah dikonsumsi untuk wanita hamil. Secara khusus, cara membuatnya cukup sederhana, sehingga banyak orang memilih membuat masakan satu ini.

Bahan :

  • 1/2 kg ikan mas, 1/2 nanas, 1 tomat, 1 cabai, 1 asam jawa kecil
  • Direbus dengan ketumbar
  • Gula, garam, kecap ikan, minyak goreng

Pengolahan:

  1. Langkah 1: Ikan mas dicuci, hilangkan jeroan, memotong kepada dan ambil bagian tubuh ikanya, tambahkan sedikit gula pada tubuh ikan.
  2. Langkah 2: Iris nanas, iris tomat, iris cabai.
  3. Langkah 3: Panaskan 2 sendok makan minyak goreng, lalu goreng ikan mas.
  4. Langkah 4: Rebus 1 liter air, masukkan asam jawa ke dalam air untuk mendapatkan air asam, saring, lalu tambahkan nanas, ikan, tomat.
  5. Langkah 5: Bumbui dengan 3 sendok makan gula, 1 sendok kecap ikan, 2 sendok garam atau sesuai selera, bumbui penyedap rasa secukupnya. Terakhir, masukkan sup ke dalam mangkuk saji, tambahkan cabai, sayuran rebus, dan makan dengan nasi atau mie sesuai selera.

Resep Bubur ikan mas merah

Bubur ikan mas merah adalah resek masakan ikan mas yang sangat bergizi yang membantu melancarkan sirkulasi darah, mengatur sirkulasi darah, dan membantu mengurangi kecemasan dan pembengkakan pada kaki pada wanita hamil di bulan ke-5 dan ke-6 kehamilan.

Bahan:

  • 1 Ikan Mas
  • 120g kacang merah, 10g bawang goreng, 5g jahe, garam

Pengolahan:

  1. Langkah 1: Cuci kacang merah dengan air. Kemudian celupkan ke dalam air dingin selama sekitar 4 jam hingga benar-benar lunak.
  2. Langkah 2: Masukkan semua kacang merah ke dalam panci berisi 300ml air bersih, rebus hingga mendidih, kecilkan api jika sudah mendidih.
  3. Langkah 3: Bersihkan ikan mas, gunakan pisau untuk memotong menjadi berapa potongan dan masukkan ke dalam panci air rebus sampai mendidih, ambil dan tiriskan.
  4. Langkah 4: Masukkan ikan mas dalam panci kacang merah, rebus sampai semua bahan melunak menjadi bubur dan tambahkan garam secukupnya.
  5. Langkah 5: Setelah bubur jadi, kita geprek jahe, tambahkan bawang goreng dan sajikan.

Beberapa catatan perlu diketahui saat memasak ikan mas

  • Jangan makan ikan mas ketika hidup atua mentah karena ikan ikan mas mentah dapat mengandung parasit yang berbahaya bagi tubuh terutama pada ibu hamil.
  • Jangan makan jantung ikan mas karena ini bagian yang mudah terinfeksi cacing dan cacing pita
  • Buang empedu saat memproses memasak karena mengandung tetrodotoxin, semakin besar ikan, semakin tinggi jumlah empedu beracun.
  • Ikan mas biasa tidak boleh makan dengan daging ayam.
  • Jangan mengkonsumsi ikan mas saat minum obat obatan dari dokter.
  • Pasien dengan asam urat; orang yang alergi terhadap ikan; Pasien dengan riwayat penyakit hati dan ginjal; Penderita penyakit hemoragik, perdarahan alergi, kekurangan vitamin C sebaiknya tidak makan ikan mas.

Untuk kalian yang masih ingin menambah daftar resep masakan baru lainnya, bisa cek di website resep masakan bernama cimacnoticias.

About the author