Sejarah Singkat Nabi Ibrahim AS Dalam Dakwahnya

Nabi Ibrahim AS adalah Nabi ke enam yang memiliki sejarah menarik di dalam dunia dakwahnya. Sebagai umat muslim kita harus mengenal sejarah dari para Nabi terdahulu. Belajar mengenal Nabi bisa melalui website hasana. Artikel kali ini akan membahas mengenai sejarah singkat mengenai Nabi Ibrahim AS dalam masa dakwahnya yang begitu luar biasa.

Nabi Ibrahim AS lahir tahun 2295 sebelum masehi di negeri Mausul. Diutus menjadi seroang nabi tentunya Nabi Ibrahim AS memiliki tugas yang sangat berat. Nabi Ibrahim AS dilahirkan di tengah masyarakat musrik dan juga kafir. Walaupun dilahirkan menjadi seorang nabi, ayah Nabi Ibrahim AS merupakan seorang pembuat berhala dimana dirinya juga percaya terhadap patung – patung tersebut.

Sejarah Nabi Ibrahim AS

Sejarah seorang Nabi Ibrahim AS dimulai sejak dirinya dilahirkan. Orang tua Nabi Ibrahim AS memutuskan untuk membawa Nabi Ibrahim AS ke dalam sebuah hutan di dalam goa untuk disembunyikan. Hal ini dikarenakan Raja Namrud memiliki peraturan dimana semua anak laki – laki harus dibunuh sehingga tidak ada yang bisa menggantikan Raja Namrud. Bersembunyinya Nabi Ibrahim AS tidak berlangsung selamanya dimana Nabi Ibrahim AS berani muncul di tengah – tengah masyarakat.

Nabi Ibrahim AS kaget dengan kehidupan yang ada di masyarakat. Nabi Ibrahim AS merlihat orang – orang menyembah patung serasa seperti orang gila. Setiap rumah dipenuhi dengan patung – patung yang disembah setiap saat. Bahkan rumah ayah Nabi Ibrahim AS juga dipenuhi dengan patung – patung berhala. Dilahirkan sebagai seorang nabi tentunya Nabi Ibrahim AS diberikan akal yang kritis, cerdas, dan juga berusaha mengajak semua orang untuk bertakwa kepada Allah SWT.

Melihat orang – orang menyembah berhala membuat Nabi Ibrahim AS berfikir untuk menghancurkan berhala tersebut. Nabi Ibrahim AS menghancurkan semua berhala ketika Raja Namrud pergi. Kejadian tersebut seketika diketahui oleh Raja Namrud dan membuat sang raja marah. Dengan akal yang cerdas Nabi Ibrahim AS mengatakan bagaimana bisa patung disembah sedangkan dirinya tidak bisa berbuat apa – apa ketika dihancurkan. Pada saat itulah beberapa orang mulai percaya dengan Nabi Ibrahim AS kecuali Raja Namrud.

Mukjizat Nabi Ibrahim AS

Setelah penghancuran berhala tersebut Nabi Ibrahim AS akan dibunuh oleh Raja Namrud. Disiapakannya kayu yang akan dibakar dimana Nabi Ibrahim AS diikat ditengah – tengahnya. Mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS adalah tidak musnahnya Nabi Ibrahim AS ketika dibakar oleh Raja Namrud. Setelah api dihidupkan Nabi Ibrahim AS keluar dari tumpukan kayu tersebut tanpa ada luka satu pun. Kejadian tersebut semakin membuat orang – orang mempercayai apa yang dikatakan oleh Nabi Ibrahim AS dan kembali ke jalan Allah SWT.

About the author