Ternyata Ini Faktor yang Mempengaruhi Harga Singkong

 

 

Ternyata harga singkong dipengaruhi adanya pertumbuhan ekonomi. Sedangkan untuk saat ini pertumbuhan ekonomi yang ada di Lampung memberikan pengaruh yang negatif. Sehingga hal ini berpengaruh terhadap harga dari singkong yang mengalami penurunan drastis atau anjlok. Sehingga petani mengalami kerugian yang mencapai hingga 3,75 triliun.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Tanaman Singkong

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap harga tanaman singkong yang ditawarkan di pasaran. Sementara pertumbuhan perekonomian yang ada di Lampung dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya seperti berikut:

 

  1. Gelombang Laut yang Tinggi dan Curah Hujan

Pengaruh pertama yang menjadikan perekonomian di Lampung mengalami anjlokan secara drastis yaitu adanya gelombang laut yang tinggi. Bahkan kondisi curah hujan yang tidak bersahabat juga menjadi pengaruhnya. Sementara penanaman singkong dalam kondisi seperti ini tentunya tidak mampu menghasilkan kualitas singkong yang baik.

 

  1. Adanya Pemotongan Anggaran

Pengaruh kedua yang menjadikan harga dari singkong mengalami anjlokan yaitu karena adanya pemotongan anggaran, yang mana pemotongan tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat. Sehingga hal inilah yang membuat pihak petani mengalami kerugian yang tidak sedikit.

 

  1. Penyaluran Kredit

Penyaluran kredit dari pembiayaan yang mengalami perlambatan, hal ini justru yang menjadikan harga singkong pada tingkat petani mengalami anjlokan yang cukup meresahkan. Sehingga hal inilah yang membuat para petani harus menanggung resiko kerugian yang besar.

 

Harga dari singkong yang terdapat pada sentra perkebunan singkong, terutama di Lampung memang tengah mengalami masa kritis. Sementara produksi dari singkong petani yang melimpah tersebut tidak diimbangi dengan harga sesuai yang diinginkan. Pada sebelumnya harga tanaman singkong pada tingkat petani yaitu kisaran 1200 per kilonya. Untuk saat ini harga jatuh menjadi Rp 350 per kilo.

 

Kondisi perekonomian di Lampung yang tidak bagus, hal ini sering kali membuat para petani harus berpikir ulang menemukan solusi bagaimana cara supaya anjlokan harga tanaman singkong tersebut tidak memberikan banyak kerugian. Mengingat bahwa singkong selalu ramai di pasaran, sehingga sangat disayangkan apabila beberapa faktor yang ada di atas menjadikan harga dari singkong semakin rendah.

About the author