Yuk Intip 5 Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Bayi Tetap Sehat dan Kuat

Kehamilan muda merupakan masa dimana calon ibu akan dihadapkan dengan berbagai resiko yang rentang dengan kesehatan dan keselamatan bayi. Oleh sebab itu, bagi ibu yang mengalami kehamilan masih di trimester awal akan lebih baik mengetahui cara menjaga kehamilan muda untuk keselamatan ibu dan janin. Lebih lengkapnya simak ulasan berikut.

Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat dan Kuat

  1. Menjaga Asupan Nutrisi

Sebagian besar dari ibu hamil akan merasakan morning sickness berupa mual muntah dan nafsu makan yang bisa menurun. Terkadang juga pusing yang diderita ibu hamil membuatnya kehilangan nafsu makan. Padahal perkembangan dan pertumbuhan dari janin tergantung pada asupan nutrisi yang didapatkan dari makanan yang dimakan oleh ibu hamil.

Oleh karena itu menjaga asupan nutrisi pada ibu hamil muda perlu diperhatikan. Terutama pada asupan asam folat sebesar 400 hingga 600 mg, yang bertujuan untuk pembentukan otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Selain menjaga asupan nutrisi dengan makanan sehat dan bergizi, akan lebih baik apabila ibu hamil juga memperbanyak asupan minum air putih.

  1. Mengendalikan Emosional

Ibu hamil akan mengalami naik turun hormon pada tubuh, hal tersebut akan berdampak pada emosional ibu hamil. Tak heran apabila banyak ibu hamil memiliki emosi yang tidak stabil dan banyak mengalami gejala stress. Emosi yang berntakan dan juga stress dapat memberikan resiko pada kelahiran dari janin, akan lebih baik apabila tetap menjaga emosi tetap stabil.

  1. Membatasi Aktifitas Berat

Cara menjaga kehamilan muda dapat dilakukan dengan mengurangi aktifitas berat keseharian. Biasanya banyak wanita yang melakukan aktifitas berat seperti mengangkat barang di rumah, tuntutan pekerjaan dan lain lain. Maka apabila telah dinyatakan hamil, mengurangi intensitas aktifitas berat perlu diperlukan demi keselamatan janin.

  1. Menghindari Asap Rokok dan Minum Alhokol

Rokok mengandung nikotin dan berbahaya apabila terhirup oleh ibu hamil. Resiko dari asap rokok dapat menyebabkan keguguran dan kecacatan pada janin. Apabila salah satu keluarga di rumah merokok akan lebih baik memintanya untuk berhenti atau menjauh dari ibu hamil. Selain rokok minuman, alkohol juga perlu dihindari karena dapat menyebabkan kondisi bayi tidak baik.

  1. Rutin Konsultasi Ke Dokter Kandungan

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh ibu hamil adalah memperiksakan keadaan tubuh dan janin. Hal ini dilakukan guna mengetahui pertumbuhan dan kesehatan janin serta menghindari adanya gejala buruk pada kehamilan. Dengan berada dibawah pengawasan dokter, kesehatan ibu dan janin bisa terjaga dengan baik dan dapat dilakukan penanganan cepat apabila ada gejala memburuk.

Demikian beberapa tips cara untuk menjaga kehamilan muda pada ibu hamil. Pada usia yang masih awal kehamilan akan sangat rentang terjadi resiko buruk yang akan berpengaruh pada keselamatan dan kesehatan dari janin. Sehingga ibu muda diharapkan memperhatikan cara menjaga tubuh dan janin agar tetap sehat dan kuat hingga waktu kelahiran nanti datang.

 

About the author